Minggu, 28 April 2024
  • 081341775399
  • masamba@luwuutarakab.go.id

Semalam Bersama Masyarakat Desa, Bupati Indah Bagi Rp. 1,2 Miliar

Semalam Bersama Masyarakat Desa, Bupati Indah Bagi Rp. 1,2 Miliar "KPM PKH Kecamatan Masamba"

Luwu Utara, -- Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani kembali menyalurkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (Bansos-PKH) Tahap 1.

Kali ini di Desa Pongo Kecamatan Masamba yang dirangkaikan dengan kegiatan Semalam Bersama Masyarakat Desa, Jumat-Sabtu (1-2 Maret 2019).

"Jumlah Keluarga Penerima Manfaat PKH (KPM-PKH) di Desa Pongo adalah 55 KPM, sedang total keseluruhan untuk Kecamatan Masamba 790 KPM dengan besaran tahap pertama sebanyak Rp. 1.209.900.000," kata Kepala Dinas Sosial, Besse A Pabeangi.

Selain bansos, juga diberikan Rastra kepada 93 KK dan sembako untuk lansia.

"Program PKH yang memasuki tahun ke-6 ini adalah program dari pusat, namun apabila Pemda tidak berkomitmen maka tidak akan berjalan lancar. Melalui surat dari Kemensos, Pemda menyiapkan sarana prasarana  dan APBD 5%. Juga menyisihkan APBD untuk penyaluran rastra ke tempat-tempat yang sulit dijangkau," terang Besse.

Sementara Indah Putri saat Sosialisasi Bansos PKH menuturkan terima kasih pada seluruh KPM PKH yang taat mengikuti aturan yang disampaikan pendamping agar program berjalan dengan lancar.

Orang nomor satu di Luwu Utara itu juga memaparkan rincian kenaikan nilai/besaran yang diterima KPM PKH.

Berikut rincian kenaikan bansos PKH dari tujuh komponen yang ada, yaitu: (1) Ibu hamil dari Rp 1,9 juta per tahun menjadi 2,4 juta per tahun, dan ditanggung cuma sampai kehamilan ke empat; (2) Anak usia dini bayi dan balita mendapatkan Rp 2,4 juta; (3) Anak SD mendapatkan Rp 900 ribu; (4) Anak SMP dari Rp 1,1 juta menjadi Rp 1,5 juta; (5) Anak SMA dari Rp 1,8 juta menjadi Rp 2 juta; (6) Penyandang Disabilitas mendapatkan Rp 2,4 juta, serta (7) Lanjut usia di atas 70 tahun diberi subsidi sebesar Rp 2,4 juta. (Rn)